Indonesia adalah Negara yang kaya akan
destinasi wisatanya dengan meningkatnya sektor investasi dalam bidang
pariwisata,dan tahun demi tahun sektor pariwisata adalah sektor yang sangat
penting untuk di kelola hal itu bisa kita lihat dari tahun kemarin pada saat
sektor industry melemah bawha sektor pariwisatalah yang memberikan devisa
Negara tambahan.
akan karna hal itu pemerintah mulai lebih giat lagi dalam
membangun pariwisata.tetapi tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa wisman kita
masih kalah dengan Negara Thailand,malasya dan Singapore padahal kalok dilihat
dari destinasi wisata kita,kita mempunyai lebih bagus dari Negara lainya,akan
karna itu pemerintah membuat 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia.
10 LOKASIDESTINASI PARIWISATA PRIORITAS
Visi pemerintah
landscape scenery and geopark
Tujuan:
Meningkatkan kunjungan wisman menjadi 1
juta orang pada tahun 2019 dengan menjadi Danau Toba sebagai destinasi utama
Indonesia dengan Fasilitas Pariwisata (tour base) : Medan, Prapat dan bukit lawing
dengan Tujuan Meningkatkan kunjungan wisman menjadi 1 juta orang pada tahun
2019 dengan menjadi Danau Toba sebagai destinasi utama Indonesia dengan Target
pasar wisatawan mancanegara dari ASEAN (Malaysia dan Singapura), EROPA (Belanda
dan Perancis), Australia, Amerika) dan target pasar wisatawan nusantara berasal
dari Kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera Komponen destinasi.
Dengan daerah tujuan wisatanya di antara
lain: Danau Toba, Parapat, Pulau Samosir, Tomok, Tuk-Tuk, Ambarita, Simanindo,
Pangururan dengan fasilitas pariwisatnya (tour base) : Medan, Prapat, Bukit
Lawang
KEY SUCCESS FACTORS
• Pembangunan
Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar
• Penyediaan daya tarik
wisata baru, unik, dan menerus digunakan (geopark, wisata olahraga air, hiburan
dan rekreasi)
• Pendirian Badan
Pengelola yang memiliki kewenangan hukum dalam pengembangan kawasan.
Strategi pengembangan
A. AKSESIBILITAS
Agar dapat dicapai kurang dari 3 jam dari
Medan, perlu adanya pembangunan jalan tol sampai ke Pematang Siantar, serta
peningkatan jalan dari Kabanjahe ke Prapat. Demikian juga peningkatan jalan
dari Bandar Udara Silangit ke Danau Toba.
B. AMENITAS
Perlu menciptakan rasa aman serta
kenyamanan dan menjaga kebersihan daerah air dan kawasan hutan, serta dihadirkannya
Tourism Information Center untuk kemudahan informasi mengingat luasnya Kawasan
Wisata Danau Toba.
C. ATRAKSI
Atraksi utama adalah Geopark Danau Toba
(2016). Untuk menghidupkan kawasan maka perlu atrakasi yang menerus digunakan
yakni watersport dengan power boating sebagai andalan (2017). Fasilitas
entertaintment kelas dunia dihadirkan untuk melengkapi (2018).
D. KEY SUCCESS FACTOR
·
Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi - Pematang Siantar
·
Penyediaan atraksi baru, unik dan menerus digunakan
(power boat, entertainment facilities)
·
Pendirian suatu Badan Pengelola
Visi:
Holiday resort and recreation
Tujuan pemerintah Menjadikan Tanjung
Kelayang dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata yang kental dengan citra
keindahan alam dan budaya pantai sebagai sarana rekreasi keluarga yang mampu
menarik kunjungan 500 ribu wisman di tahun 2019.Dengan Target pasar wisatawan
mancanegara dari Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, negara Eropa dan Timur
Tengah dan Target pasar wisatawan nusantara Kota-kota besar di Pulau Jawa,
Sumatera, dan Kalimantan.
Daerah tujuan wisatanya terdiri dari Gunung Menumbing,Pantai ParaiTenggiri, Pulau
Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pulau Lengkuas,Pantai
Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung,Pesona, Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai
Penyak Dengan aksesibilitas Bandara Hanandjoeddin,Pelabuhan Manggar dengan Fasilitas
Pariwisata (tour base) Tanjung Pandang dan Belitung.
KEY
SUCCESS FACTORS
•
Terwujudnya
citra produk pariwisata Tanjung Kelayang sebagai “Holiday Resort and Recreation”
•
Terbentuknya
ciri khas destinasi pariwisata Tanjung Kelayang yang mengedepankan atau mengangkat
jatidiri masyarakat setempat.
•
Meningkatnya
daya saing produk pariwisata Tanjung Kelayang dalam lingkup nasional dan
internasional.
•
Terciptanya
keterpaduan pengembangan pariwisata antardaya tarikwisata di dalam kawasan.
•
Terciptanya
efisiensi pelaksanaan program pembangunan kepariwisataan.
A. AKSESIBILITAS
Untuk mempertinggi konektivitas perlu peningkatan kapasitas Bandar
Udara dan peningkatan pelabuhan laut antar pulau. Untuk peningkatan wisman
dengan akses laut diperlukan pembangunan pelabuhan cruise dan marina terutama untuk menarik wisman dari Asia Tenggara.
B. AMENITAS
Perlu fasilitas kesehatan dan keselamatan skala internasional
untuk mendukung kegiatan atraksi pantai termasuk peningkatan kebersihan dan
sanitasi. Perlu pembangunan fasilitas peristirahatan skala internasional dan
fasilitas budaya berupa museum maritim dan ‘chinese garden’ yang didukung
dengan fasilitas keamanan dan informasi terintegrasi.
C. ATRAKSI
Atraksi utama adalah watersport
and recreation dan festival budaya Belitung.
D. KEY SUCCESS FACTOR
· Peningkatan kapasitas dan aksesibilitas bandara dan pelabuhan
·
Pembangunan
pelabuhan cruise dan marina
· Peningkatan amenitas skala internasional
· Pembuatan agenda wisata untuk festival dan event rutin.
3.TANJUNG LESUNG DAN
SEKITARNYA
Visi
pemerintah
Gateway
to Adventure in west edge of Java
Tujuan:
Meningkatkan
peran sebagai pintu gerbang bagi destinasi pariwisata di sekitarnya, yaitu
Ujung Kulon, Pulau Peucang, Gunung Anak Krakatau, Pantai Anyer Carita, dan daya
tarik wisata lainnya dengan pencapaian target 1 juta wisman.
KEY
SUCCESS FACTORS
• Percepatan pembangunan aksesibilitas,
mencakup darat, laut, dan udara yang terintegrasi.
• Intervensi investasi pemerintah
melalui badan usaha dalam pengembangan daya tarik wisata,
fasilitas pariwisata, fasilitas umum, dan prasarana umum.
fasilitas pariwisata, fasilitas umum, dan prasarana umum.
•Pengintegrasian pengelolaan KEK
Tanjung Lesung, KSPN Ujung Kulon dan sekitarnya, KPPN Carita
Anyer dan sekitarnya, KSPN Anak Krakatau dan sekitarnya melalui Badan Pengelola Pariwisata.
Anyer dan sekitarnya, KSPN Anak Krakatau dan sekitarnya melalui Badan Pengelola Pariwisata.
Strategi
pengembangan
A.
AKSESIBILITAS
Untuk
pempermudah akses ke wilayah Tanjung Lesung, diperlukan pembangunan jalan tol
Serang-Panimbangan, Airport Banten Selatan, Pelabuhan Cruise Tanjung Lesung,
Peningkatan jalan nasional Anyer Sumur dan revitalisasi jalur kereta
Rangkasbitung-Panimbang.
B.
AMENITAS
Diperlukannya
Amenitas berstandar Internasional antara lain pembangunan resort tematik
(bahari & safari), revitalisasi amenitas di kawasan Carita Anyer dan
pembanguan kelengkapan amenitas Ujung Kulon.
C.
ATRAKSI
Diperlukannya
pembangunan Theme Park berskala Internasional, Extreme Water Sport, Festival di
tengah tahun yang telah terjadwalkan, dan pembinaan masyarakat pariwisata
Tanjung Lesung.
D.
KEY SUCCESS FACTOR
· Percepatan pembangunan yang didukung dari seluruh pihak terkait
· Intervensi investasi pemerintahmelalui badan usaha.
· Penetapan badan pengelola yang terintegrasi.
b
No comments:
Post a Comment
mohon kritik dan saranya