10 LOKASI
PRIORITAS YANG DI BANGUN PART II
3.TANJUNG
LESUNG DAN SEKITARNYA
Adapun Visi pemerintah di
antara lain Gateway to Adventure in west edge of Java dan memiliki
Tujuan untuk Meningkatkan peran sebagai pintu gerbang bagi destinasi pariwisata
di sekitarnya, yaitu Ujung Kulon, Pulau Peucang, Gunung Anak Krakatau, Pantai
Anyer Carita, dan daya tarik wisata lainnya dengan pencapaian target 1 juta
wisman dengan Target pasar wisatawan mancanegara yang berasal dari Eropa, Asia
Barat, Asia Tenggara, Australia, dan Amerika. Dan Target pasar wisatawan nusantara
dari DKI Jakarta, Lampung Banten, Jawa Barat, dan wilayah lain di Sumatera,
Jawa, dan Kalimantan. Dengan daerah tujuan wisata TN Ujung Kulon, Tanjung
Layar, Pulau Peucang, teluk Kasnani, Pulau Panaitan, Taman laut Selamat Datang,
Cibom, Tugu Pulau Umang, Teluk Legonkadom.Dengan Akses Bandara Soekarno Hatta, Bandara Banten Selatan,
Pelabuhan Merak, Fasilitas Pariwisata (tour base): Ujung Kulon, Lebak Pelabuhan Ratu
KEY SUCCESS FACTORS
•Percepatan pembangunan aksesibilitas,
mencakup darat, laut, dan udara yang terintegrasi.
•Intervensi investasi pemerintah
melalui badan usaha dalam pengembangan daya tarik wisata fasilitas
pariwisata,
fasilitas umum, dan prasarana umum.
•Pengintegrasian pengelolaan KEK
Tanjung Lesung, KSPN Ujung Kulon dan sekitarnya, KPPN Carita
Anyer dan
sekitarnya, KSPN Anak Krakatau dan sekitarnya melalui Badan Pengelola
Pariwisata.
A.
AKSESIBILITAS
Untuk pempermudah akses ke wilayah Tanjung Lesung, diperlukan
pembangunan jalan tol Serang Panimbangan, Airport Banten Selatan, Pelabuhan
Cruise Tanjung Lesung, Peningkatan jalan nasional Anyer Sumur dan revitalisasi
jalur kereta Rangkasbitung-Panimbang.
B.
AMENITAS
Diperlukannya Amenitas berstandar Internasional antara lain
pembangunan resort tematik (bahari & safari), revitalisasi amenitas di
kawasan Carita Anyer dan pembanguan kelengkapan amenitas Ujung Kulon.
C.
ATRAKSI
Diperlukannya
pembangunan Theme Park berskala Internasional, Extreme Water Sport, Festival di
tengah tahun yang telah terjadwalkan, dan pembinaan masyarakat pariwisata
Tanjung Lesung.
D.
KEY SUCCESS FACTOR
·
Percepatan
pembangunan yang didukung dari seluruh pihak terkait
·
Intervensi
investasi pemerintahmelalui badan usaha.
·
Penetapan
badan pengelola yang terintegrasi.
4. KEPULAUAN SERIBU DAN
SEKITARNYA
Visi pemerintah di antaranya escaping Jakarta dan bertjuan untuk Menjadikan
Kepulauan Seribu dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata nasional dan
internasional yang memiliki kekayaan bahari dengan tetap memperhatikan
keseimbangan ekosistem yang mampu menarik kunjungan 500 ribu wisman pada tahun
2019 dengan Target pasar wisatawan mancanegara yang berasal dari Cina,
Malaysia, Taiwan, Singapura, Jepang, Amerika, Inggris, Hongkong, Belanda,
Jerman, dan Brunei Darussalam dan Target pasar wisatawan nusantara yang berasal
dari Jakarta dan Pulau Jawa Dengan daerah tujuan wisata Taman Nasional Kepulauan Seribu yang dapat di Akses
dari Marina Ancol, Bandara Internasional Soekarno Hatta.
KEY SUCCESS FACTORS
•Pengoperasian air
strip di Pulau Panjang
•Revitalisasi fisik dermaga di ketiga
pelabuhan eksisting (Marina Ancol, Muara Angke, dan Muara
Kamal) dan penambahan
jadwal pelayaran kapal per hati
•Pembentukan
Kepulauan Seribu Tourism Board
•Penyelenggaraa
even wisata budaya Kepulauan Seribu
•Peningkatan
kualitas amenitas berstandar internasional
5 BOROBUDUR DAN SEKITARNYA
Visinya
di antaralain
The
capital of Buddhist Heritage in the World dan berTujuan Menjadikan Borobudur
dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata nasional dan internasional yang
memiliki kekayaan potensi pariwisata budaya dan religi yang berkelanjutan, dan
mampu menari kunjungan 2 juta wisman pada tahun 2019,dengan Target pasar wisatawan
mancanegara yang berasal dari Malaysia, Taiwan, Singapura, Jepang, USA,
Inggris, Hongkong, Belanda, Jerman, dan Brunei Darussalam dan untuk Target
pasar wisatawan nusantara diantara lain Penduduk seluruh wilayah Indonesia Dengan
Tujuan Wisatanya Candi Borobudur, Candi
Prambanan dan dapat di Akses dari Bandara Internasional Achmad Yani (Semarang)
dan Adisucipto (Yogyakarta). Laut : Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang) .
KEY
SUCCESS FACTORS
•Peningkatan Pelabuhan Cruise Semarang
•Pembangunan Bandara Kulon Progp
•Peningkatan Jalan
Semarang-Magelang-Yogyakarta
•Kelembagaan yang terintegrasi dalam
bentuk Badan Otoritas.
No comments:
Post a Comment
mohon kritik dan saranya