6.TENGGER-SEMERU
DAN SEKITARNYA
Visinya di antara lain International Geo-Ecoculture Park yang
berTujuan untuk Menjadikan Borobudur dan sekitarnya sebagai destinasi
pariwisata nasional dan internasional yang memilikikeindahan alam dan budaya (ecoculture),
kekayaan budaya, dan berkelanjutan yang mampu menari kunjungan 1 juta wisman
pada tahun 2019.
dengan Target pasar wisman Malaysia, Singapura, Tiongkok,
Jepang, negara Eropa dan Timur Tengah dan Target pasar wisnus Kota-kota di
Pulau Jawa dan Pulau Bali Dengan tujuan wisatanya TN Gunung Bromo, Alun-alun
Kota, Batu, Candi Singosari, Perkebunan teh Wororejo, TN Gunung Bromo-Tengger –
Semeru, Ranu Pane, Ranu Kumboro, Ranu Klakah, Ranu Bedali, Ranu Pakis, Pantai
Papuma, Pantai Bentar, Candi Semeru Agung, Candi Jabung, Kawah Ijen dengan
Aksesibilitas Udara Bandara
Internasional Juanda (Surabaya) dan Abdul Rahman Saleh (Malang) Laut Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) dan Tanjung
Tembaga (Probolinggo) dan Darat Stasiun
kereta api Malang, Surabaya, Pasuruan, dan Probolinggo. Hub utama menuju pintu
masuk BTS adalah Probolinggo dan Pasuruan Fasilitas Pariwisata (tour base)nya Surabaya, Pasuruan.
KEY SUCCESS FACTORS
•Peningkatan kapasitas
dan aksesibilitas jalan Kabupaten Malang – Bromo – Probolinggo
•Pembangunan
Pelabuhan Cruise Probolinggo
•Peningkatan
kapasitas Bandara Abdul Rahman Saleh Malang
•Peningkatan
amenitas hotel berstandar internasional
•Daya tarik wisata yang terintegrasi
dengan Malang, Batu, dan pembuatan even khusus rutin
7.MANDALIKA
DAN SEKITARNYA
Visi nya di antara lain World’s Best Halal Tourism and Cruise
Destination yang berTujuan untuk Menjadikan pilihan destinasi pariwisata halal
terbaik di dunia bagi wisatawan muslim khususnya dan menjadi entry point wisata
cruise dunia di Pulau Lombok yang mampu menarik kunjungan 1 juta wisman pada
tahun 2019 dengan Target pasar wisman yang berasal dari Malaysia, Singapura,
Brunei, Thailand, Taiwan, Jepang, negara Timur Tengah, Eropa, Tiongkok, Amerika
Serikat dan Target pasar wisnus yang berasal dari Penduduk Pulau Jawa,
Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Dengan tujuan Wisata Danau Segara Anak, Puncak
Gunung Rinjani, Sumber Air Panas, Lava, Hutan, Air Terjun, Flora dan Fauna,
Tenun, Peresean, Gendang Beleq, Ngayu-ngayu dengan melalui Akses Udara Bandara Internasional Lombok (Lombok). Laut :
Pelabuhan Lembar (Lombok) , Darat: Terminal Mandalika (Mataram)
KEY SUCCESS FACTORS
• Pembangunan
kawasan cultural village
• Pembangunan
fisherman wharf
• Pembangunan
kawasan konservasi mangrove
• Pembangunan
pelabuhan cruise dan marina beserta fasilitas penunjangnya
• Pengembangan kargo
logistic di Bandara Internasional Lombok
• Peningkatan
fasiltias kesehatan dan keselamatan skala internasional
8.LABUAN
BAJO DAN SEKITARNYA
Visi The gate point of world ecotourism in East Nusa Tenggara yang
bertujuan untuk Mewujudkan Labuan Bajo sebagai gerbang ekowisata dan ikon
wisata Indonesia dengan mengintegrasikan pengelolaan industri pariwisata dan
konservasi alam yang mampu menarik kunjungan 500 ribu wisman pada tahun 2019
dengan Target pasar wisman yang berasal dari Australia, Jerman, Perancis,
Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Singapura,Thailand, Jepang, Tmor Leste. Dan
Target pasar wisnus yang berasal dari Kota-kota di Pulau Jawa, Sumatera,
Kalimantan. DTW: Danau Sano Nggoang, Cunca Rami, Cunca Wulang, Istana Ualr,
Hutan Mbeiling, TN Komodo, Kampung Tado, Warloka,, Pantai Pede, Pulau Seraya
Kecil, Pantai Waicicu, Pantai Batu Gososk, Puncak Waringin, Batu Cermin, Danau
Sanongoang, Air Tertjun Cunca, Golo Curu,, Gunung Ranaka, Gua Liang Bua,
Kampung Ruteng, Danau Ranamese, Pantai Cepwatu, Akses/ Hub: Udara: Bandara
Internasional El Tari (Kupang), Bandara Komodo (Labuan Bajo). Laut : Pelabuhan
Labuan Bajo dengan Fasilitas Pariwisata (tour base)nya Labuan Bajo, Ende, Alor, Kupang
KEY SUCCESS FACTORS
•Kesepakatan
pembangunan aksesibilitas
•Pengelolaan daya
tarik wisata di KSPN Komodo dan Labuan Bajo melalui Badan Otorita
9.WAKATOBI
DAN SEKITARNYA
Visi Biodiversity, water sports, and cruise tourism yang bertujuan
Menjadikan Kawasan Wakatobi sebagai pusat biodiversitas bawah laut, kawasan
pariwisata olahraga air, dan kawasan pariwisata berbasis marina yang mampu
meningkatkan kunjungan wisman sebanyak 500 ribu pada tahun 2019 dengan Target
pasar wisman Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan negara-negara Eropa
lainnya.Target pasar wisnus Penduduk Pulau Jawa dan Sulawesi. DTW: TN Wakatobi
(Pulau Wangiwangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomea, Pulau Binongko dengan Akses/
Hub: Bandara Woltermonginsidi, Kendari, Bau-Bau dengan Fasilitas Pariwisata
(tour base)nya yaitu Kendari, Bau-bau.
KEY SUCCESS FACTORS
•Peningkatan
kapasitas Bandara Matahora dan Maranggo
•Pembangunan
pelabuhan cruise
•Peningkatan
kapasitas pelabuhan penumpang antarpulau
•Pembangunan
jarinan jalan di empat pulau utama
•Penataan titik
penyelaman dan snorkeling
•Peningkatan
amenitas berkelas internasional.
10.MOROTAI
DAN SEKITARNYA
Visi Windows of East IndonesiaTujuan Mewujudkan Mrotai sebagai
salah satu destinasi priritas Indonesia yang bertaraf internasional dan
meningkatkan jumlah kunjungan wisman menjadi 500 ribu orang pada tahun 2019
dengan Target pasar wisman yang berasal dari Tiongkok, Taiwan, Jepang, dan
Australia, negara-negara Amerika dan Eropa dan Target pasar wisnus Penduduk Indonesia timur dan Sulawesi DTWnya di antara lain Taman
Laut Selat Morotai, Pulau Rao, Pulau Zum-zum, Akses/ Hub: Bandara Ternate, Sam
Ratulangi, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Imam Lastori dengan Fasilitas
Pariwisata (tour base)nya Ternate, Tidore
KEY SUCCESS FACTORS
•Peningkatan
aksesibilitas bandara dan pelabuhan antarpulau
•Peningkatan
amenitas skala internasional
•Peningkatan daya
tarik wisata bahari, sejarah, dan budaya
•Pembuatan agenda
wisata untuk festival dan even rutin
No comments:
Post a Comment
mohon kritik dan saranya