MUSIK TRADISIONAL LOMBOK - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Sunday, April 15, 2018

MUSIK TRADISIONAL LOMBOK

indonesia terkenal dengan budaya salah satunya yaitu musik tradisional yang beragam salah satunya adalah gendang bleq


Gendang bleq adalah musik tradisional lombok yang ddahulu di pakai saat prajurit lombok pulang dari  perperangan tapi dengan berjalanya waktu gendang nbleq ini sekarang di jadikan sebagai pengiring pengantin dan acara pentas lainya dan tidak jarang pula di pakai untuk menyambut tamu besar.

Gendang bleq sendiri mempunyai arti Gendang yang artinya drum dan bleq artinya besar. gendang bleq ini bisa kalian temui di acara pernikahan dan acara presean.jika suatu saat kalian bermain ke lombok kalian bisa coba untuk melihat atau memainkanya.

banyak yang bertanya presean itu apa...?
presean itu adalah permainanan adat suku sasak lombok yang cara memainkanya dengan saling pukul antara satu dengan lainyapermainan ini umumnya di mainkan oleh 2 orang pemain.



dulu permainan ini di mainkan oleh prajurit lombok untuk melatih kekuatan dalam tapi sekarang permainan ini sudah bisa di mainkan oleh masarakat lombok bagi kalian yang mau mencoba kalian bisa datang ke lombok dan bisa mencoba sendiri, presean ini juga sering di iringi oleh gendang bleq (musik tradisional lombok).

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saranya