wisata highlight bali part ll - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Friday, May 4, 2018

wisata highlight bali part ll

Pulau bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahan objek wisatanya.  Banyak objek wisata yang tidak mungkin untuk dilewatkan. Hal inilah yang menjadikan pulau Bali terkenal diseluruh penjuru dunia bahkan dunia internasinal mengetahui Indonesia dari Bali, bukan Jakarta. Kali ini tourism Indonesia akan berusaha mendeskripsikan secara singkat tentang objek-objek wisata yang wajib kalian kunjungi jika anda berkunjung ke bali.

A.Hutan Pala Sangeh
Taman wisata alam sangeh terletak di Desa Sangeh, Badung, Bali. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota denpasar. Taman Wisata Alam Sangeh memiliki pesona wisata hutan yang ditumbuhi pohon pala dan banyak dihuni oleh ratusan kera. Kera-kera Sangeh dahulu memang dikenal sangat liar dan seringkali mengganggu para pengunjung. Kera Sangeh juga dikenal sangat jahil, karena seringkali mengambil barang-barang pengunjung yang akan dikembalikan bila kera-kera tersebut diberi sepotong makanan. Namun sekarang kera Sangeh tidak lagi seliar dan sejahil dahulu, karena sekarang kera-kera tersebut telah diurus dengan baik. Kera Sangeh juga memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Namun kelompok-kelompok tersebut memilki pimpinan teringgi atau bisa dibilang raja dari seluruh raja kera yang ada di Sangeh. Pemimpin tertinggi ini berdiam ditempat yang paling luas di. Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah Pura Yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bulit Sari.
Sebagian besar kawasan hutan wisata ini, menjadi tempat bermukim kera, hanya sebagian kecil saja yang dimanfaatkan para pengusaha untuk membuat beberapa kios tempat menjual beraneka ragam cinderamata. Selain pohon pala, masih ada tanaman yang terkenal di hutan Sangeh. Masyarakat setempat biasa menyebutnya Pohon Lanang Wadon, karena bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan, sedangkan di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria. Pohon itu tumbuh persis di pelataran depan tempat wisata Sangeh dan sebenarnya merupakan pohon pule.     
Kawasan hutan pala Sangeh telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam. Tujuan penetapan adalah untuk:
1.Melindungi ekosistem hutan Pala alam, dengan luasan yang relatif besar, sebagai ekosistem Pala alam yang mesih tersisa di Bali.
2.Perlindungan dan pengawetan tumbuhan dan satwa liar yang langka dan penting, seperti pohon Pala, Amplas, Buni, dan jenis satwa seperti Elang, Alap-alap, dan terutama Kera Abu, dan lain lain.
3.Pelestarian budaya, berupa Pura Bukit Sari dan Pura Melanting, yang keduanya terletak didalam kawasan TWA.
4.Pemanfaatan secara berkelanjutan potensi wisata alam yang didominasi oleh keberadaan koloni Kera Abu dalam jumlah yang cukup banyak, dan jinak, maupun komunitas pohon Pala sebagai bahan kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Di dalam kawasan ini terdapat dua Pura penting, yaitu Pura Bukit Sari dan Pura Melanting, yang menambah daya tarik khas kawasan ini. Selain daya tarik diatas, kawasan ini dekat dengan obyek wisata lainnya di wilayah Badung Utara seperti Taman Wisata Tanah Wuk, Taman Wisata Mumbul dan Taman Ayun di Mengwi. Obyek wisata ini diperuntukkan bagi rekreasi, wisata ilmiah/widya wisata sambil menikmati panorama alam yang khas dan udara yang sejuk.

B.Pertunjukan Tari Barong
Tarian ini merupakan peninggalan kebudayaan Pra Hindu yang menggunakan boneka berwujud binatang berkaki empat atau manusia purba yang memiliki kekuatan magis. Diduga kata barong berasal dari kata bahrwang atau diartikan beruang, seekor binatang mythology yang mempunyai kekuatan gaib, dianggap sebagai pelindung. Tetapi di Bali pada kenyataannya Barong tidak hanya di wujudkan dalam binatang berkaki empat akan tetapi ada pula yang berkaki dua. Topeng Barong dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker seperti kuburan. Oleh sebab itu Barong merupakan benda sakral yang sangat disucikan oleh masyarakat Hindu di Bali. Pertunjukan tari ini dengan atau tanpa lakon, selalu diawali dengan demonstrasi pertunjukan yang diiringi dengan gamelan yang berbeda-beda seperti gamelan Gong Kebyar, gamelan Babarongan, dan gamelan Batel.
   
Bicara tentang tari barong maka kita tidak akan lepas pada sosok Rangda. Lakon yang satu ini merupakan tokoh antagonis yang berperang melawan Barong. Menurut cerita, peperangan diantara keduanya tidak pernah ada yang menang ataupun kalah.
Menurut etimologinya, kata Rangda yang kita kenal di Bali berasal dari Bahasa Jawa Kuno yaitu dari kata Randa yang berarti janda (L. Mardiwarsito, 1986:463). Rangda adalah sebutan janda dari golongan Tri Wangsa yaitu, Weisya, Ksatria dan Brahmana.
Sedangkan dari golongan Sudra disebut Balu. Kata Balu dalam bahasa Bali alusnya adalah Rangda. Perkembangan selanjutnya istilah Rangda untuk janda semakin jarang kita dengar, karena dikhawatirkan menimbulkan kesan tidak enak mengingat wujud Rangda yang seram dan menakutkan serta identik dengan orang yang mempunyai ilmu kiri (hitam).
Rangda juga memiliki bermacam-macam jenis yang berbeda antara lain:
1. Bentuk Nyinga
Apabila bentuk muka Rangda itu menyerupai singa dan sedikit menonjol ke depan. Sifat dari Rangda ini adalah galak dan buas.
2.Bentuk Nyeleme
Apabila bentuk muka Rangda itu menyerupai wajah manusia dan sedikit melebar. Bentuk Rangda seperti ini, menunjukkan sifat yang berwibawa dan angker
3. Bentuk Raksasa
Apabila bentuk muka Rangda ini menyerupai wujud raksasa seperti yang umum kita lihat Rangda pada umumnya. Biasanya Rangda ini menyeramkan.
C.Pasar Sukawati
Pasar Sukawati merupakan sebuah pasar yang sangat terkenal di Bali. Karena pasar ini menjual pakaian-pakaian santai dengan harga yang sangat miring. Pasar Sukawati menyediakan pakaian-pakaian seperti Batik khas Bali, selain batik khas juga tersedia berbagai macam baju-baju serta celana pendek dengan harga miring yang akan cocok dipakai di pantai. Dan juga ada beberapa kaos yang bercorak Bali.
Semua barang-barang disini bisa ditawar, dan sebagai tipsnya harganya bisa sepertiga dari harga pertama yang ditawarkan oleh penjualnya. Sebaiknya datang ke pasar ini ketika pagi sekitar jam 8-10 karena para penjualnya baru selesai sembahyang dan mereka menggap jika jualan mereka berhasil di pagi tersebut akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam selanjutnya. Selain pakaian-pakaian murah, di pasar ini juga terkenal dengan barang-barang seni seperti lukisan dari berbagai aliran lukisan. Juga ada berbagai model tas.
D.           Garuda Wisnu Kencana
Berkeliling GWK akan membuat kita kagum. Area yang aslinya bukit batu yang miring terjal disulap menjadi sebuah bangunan raksasa dengan arsitektur mengagumkan. Bukit dipotong-potong menjadi pilar-pilar raksasa ala bangunan di mesir, tapi tetap dengan gaya Bali. Di sini terdapat patung dewa Wisnu dan kendaraannya yaitu Garuda.
Patung ini berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran Bali, kurang lebih 20 menit dari Bandara Ngurah Rai. Karya masterpiece Bali I Nyoman Nuarta. Saat ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi Landmark bagi pariwisata Bali dan Indonesia.Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung   terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.
E.Pantai Kuta
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah

Dan ingat jangan…!!

Jangan membakar apapun kecuali semangat
Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki
Jangan mengambil apapun kecuali gambar
Jangan membunuh apapun kecuali rindu

1 comment:

  1. Hey sob...
    Lagi berkunjung pagi ni...
    Lagi cari blogpost tentang Bali, trs sampai ke sini.
    :)
    Keren tulisannya, ditunggu tulisan selanjutnya ya bro.
    Main balik kesini ya gan...

    ReplyDelete

mohon kritik dan saranya