10 daerah tujuan wisata prioritas di indonesia yang di bangun pemerintah part l - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Saturday, May 5, 2018

10 daerah tujuan wisata prioritas di indonesia yang di bangun pemerintah part l

Indonesia adalah Negara yang kaya akan destinasi wisatanya dengan meningkatnya sektor investasi dalam bidang pariwisata,dan tahun demi tahun sektor pariwisata adalah sektor yang sangat penting untuk di kelola hal itu bisa kita lihat dari tahun kemarin pada saat sektor industry melemah bawha sektor pariwisatalah yang memberikan devisa Negara tambahan.
akan karna hal itu pemerintah mulai lebih giat lagi dalam membangun pariwisata.tetapi tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa wisman kita masih kalah dengan Negara Thailand,malasya dan Singapore padahal kalok dilihat dari destinasi wisata kita,kita mempunyai lebih bagus dari Negara lainya,akan karna itu pemerintah membuat 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia.

10  LOKASIDESTINASI PARIWISATA PRIORITAS

Visi pemerintah
landscape scenery and geopark
Tujuan:
Meningkatkan kunjungan wisman menjadi 1 juta orang pada tahun 2019 dengan menjadi Danau Toba sebagai destinasi utama Indonesia dengan Fasilitas Pariwisata (tour base) : Medan, Prapat dan bukit lawing dengan Tujuan Meningkatkan kunjungan wisman menjadi 1 juta orang pada tahun 2019 dengan menjadi Danau Toba sebagai destinasi utama Indonesia dengan Target pasar wisatawan mancanegara dari ASEAN (Malaysia dan Singapura), EROPA (Belanda dan Perancis), Australia, Amerika) dan target pasar wisatawan nusantara berasal dari Kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera Komponen destinasi.
Dengan daerah tujuan wisatanya di antara lain: Danau Toba, Parapat, Pulau Samosir, Tomok, Tuk-Tuk, Ambarita, Simanindo, Pangururan dengan fasilitas pariwisatnya (tour base) : Medan, Prapat, Bukit Lawang
KEY SUCCESS FACTORS
•          Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar
•          Penyediaan daya tarik wisata baru, unik, dan menerus digunakan (geopark, wisata olahraga air, hiburan dan rekreasi)
•          Pendirian Badan Pengelola yang memiliki kewenangan hukum dalam pengembangan kawasan.
Strategi pengembangan
A. AKSESIBILITAS
Agar dapat dicapai kurang dari 3 jam dari Medan, perlu adanya pembangunan jalan tol sampai ke Pematang Siantar, serta peningkatan jalan dari Kabanjahe ke Prapat. Demikian juga peningkatan jalan dari Bandar Udara Silangit ke Danau Toba.
B. AMENITAS
Perlu menciptakan rasa aman serta kenyamanan dan menjaga kebersihan daerah air dan kawasan hutan, serta dihadirkannya Tourism Information Center untuk kemudahan informasi mengingat luasnya Kawasan Wisata Danau Toba.
C. ATRAKSI
Atraksi utama adalah Geopark Danau Toba (2016). Untuk menghidupkan kawasan maka perlu atrakasi yang menerus digunakan yakni watersport dengan power boating sebagai andalan (2017). Fasilitas entertaintment kelas dunia dihadirkan untuk melengkapi (2018).
D. KEY SUCCESS FACTOR
·       Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi - Pematang Siantar
·       Penyediaan atraksi baru, unik dan menerus digunakan (power boat, entertainment facilities)
·       Pendirian suatu Badan Pengelola
Visi:
Holiday resort and recreation
Tujuan pemerintah Menjadikan Tanjung Kelayang dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata yang kental dengan citra keindahan alam dan budaya pantai sebagai sarana rekreasi keluarga yang mampu menarik kunjungan 500 ribu wisman di tahun 2019.Dengan Target pasar wisatawan mancanegara dari Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, negara Eropa dan Timur Tengah dan Target pasar wisatawan nusantara Kota-kota besar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
Daerah tujuan wisatanya terdiri dari  Gunung Menumbing,Pantai ParaiTenggiri, Pulau Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pulau Lengkuas,Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung,Pesona, Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Penyak Dengan aksesibilitas Bandara Hanandjoeddin,Pelabuhan Manggar dengan Fasilitas Pariwisata (tour base) Tanjung Pandang dan Belitung.


KEY SUCCESS FACTORS
     Terwujudnya citra produk pariwisata Tanjung Kelayang sebagai “Holiday Resort and Recreation
     Terbentuknya ciri khas destinasi pariwisata Tanjung Kelayang yang mengedepankan atau mengangkat jatidiri masyarakat setempat.
     Meningkatnya daya saing produk pariwisata Tanjung Kelayang dalam lingkup nasional dan internasional.
     Terciptanya keterpaduan pengembangan pariwisata antardaya tarikwisata di dalam kawasan.
     Terciptanya efisiensi pelaksanaan program pembangunan kepariwisataan.
A. AKSESIBILITAS
Untuk mempertinggi konektivitas perlu peningkatan kapasitas Bandar Udara dan peningkatan pelabuhan laut antar pulau. Untuk peningkatan wisman dengan akses laut diperlukan pembangunan pelabuhan cruise dan marina terutama untuk menarik wisman dari Asia Tenggara.
B. AMENITAS
Perlu fasilitas kesehatan dan keselamatan skala internasional untuk mendukung kegiatan atraksi pantai termasuk peningkatan kebersihan dan sanitasi. Perlu pembangunan fasilitas peristirahatan skala internasional dan fasilitas budaya berupa museum maritim dan ‘chinese garden’ yang didukung dengan fasilitas keamanan dan informasi terintegrasi.
C. ATRAKSI
Atraksi utama adalah watersport and recreation dan festival budaya Belitung.
D. KEY SUCCESS FACTOR
·       Peningkatan kapasitas dan aksesibilitas bandara dan pelabuhan
·       Pembangunan pelabuhan cruise dan marina
·       Peningkatan amenitas skala internasional
·       Pembuatan agenda wisata untuk festival dan event rutin.
3.TANJUNG LESUNG DAN SEKITARNYA
Visi pemerintah
Gateway to Adventure in west edge of Java
Tujuan:
Meningkatkan peran sebagai pintu gerbang bagi destinasi pariwisata di sekitarnya, yaitu Ujung Kulon, Pulau Peucang, Gunung Anak Krakatau, Pantai Anyer Carita, dan daya tarik wisata lainnya dengan pencapaian target 1 juta wisman.
KEY SUCCESS FACTORS
• Percepatan pembangunan aksesibilitas, mencakup darat, laut, dan udara yang terintegrasi.
• Intervensi investasi pemerintah melalui badan usaha dalam pengembangan daya tarik wisata,
fasilitas pariwisata, fasilitas umum, dan prasarana umum.
•Pengintegrasian pengelolaan KEK Tanjung Lesung, KSPN Ujung Kulon dan sekitarnya, KPPN Carita
Anyer dan sekitarnya, KSPN Anak Krakatau dan sekitarnya melalui Badan Pengelola Pariwisata.
Strategi pengembangan
A. AKSESIBILITAS
Untuk pempermudah akses ke wilayah Tanjung Lesung, diperlukan pembangunan jalan tol Serang-Panimbangan, Airport Banten Selatan, Pelabuhan Cruise Tanjung Lesung, Peningkatan jalan nasional Anyer Sumur dan revitalisasi jalur kereta Rangkasbitung-Panimbang.
B. AMENITAS
Diperlukannya Amenitas berstandar Internasional antara lain pembangunan resort tematik (bahari & safari), revitalisasi amenitas di kawasan Carita Anyer dan pembanguan kelengkapan amenitas Ujung Kulon.
C. ATRAKSI
Diperlukannya pembangunan Theme Park berskala Internasional, Extreme Water Sport, Festival di tengah tahun yang telah terjadwalkan, dan pembinaan masyarakat pariwisata Tanjung Lesung.
D. KEY SUCCESS FACTOR
·       Percepatan pembangunan yang didukung dari seluruh pihak terkait
·       Intervensi investasi pemerintahmelalui badan usaha.
·       Penetapan badan pengelola yang terintegrasi.
b







No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saranya