Wisata yang wajib di kunjungi jika ke Bali - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Friday, May 4, 2018

Wisata yang wajib di kunjungi jika ke Bali

Pulau bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahan objek wisatanya.  Banyak objek wisata yang tidak mungkin untuk dilewatkan. Hal inilah yang menjadikan pulau Bali terkenal diseluruh penjuru dunia bahkan dunia internasinal mengetahui Indonesia dari Bali, bukan Jakarta. Kali ini tourism Indonesia akan berusaha mendeskripsikan secara singkat tentang objek-objek wisata yang wajib kalian kunjungi jika anda berkunjung ke bali.
A.            Tanah Lot
Tanah Lot adalah salah satu objek wisata bali. Disini ada dua pura yang terletak diatas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Khayangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa dewa penjaga laut.Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben akhirnya menjadi pengikut Danghyang Nirartha.Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.
B.            Teman Joger
Kalau sudah pernah ke Bali, tapi belum pernah ke tempat yang terkenal ini. Berarti ada yang belum lengkap dengan jalan-jalan di Bali. Joger kini telah menjadi pilihan banyak wisatawan lokal yang sedang berlibur di pulau cantik ini. Joger : pabrik kata-kata. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. T-shirt yang diproduksi Joger memang berisi kata-kata yang lucu, nyeleneh, nakal dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya. Nama Joger diambil dari gabungan nama pemiliknya sendiri yaitu Joseph dan sahabatnya Gerard. Modal untuk memulai usaha ini didapat dari hadiah pernikahan Bapak Joseph di tahun 1981 dari Bapak Gerard. Kini tiap musim liburan atau tidak, toko T-shirt yang satu ini selalu ramai dan membuat macet kawasan jalan Raya Kuta, belakang Supernova. Letaknya sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Pantai Kuta, tetapi kini Joger sudah buka cabang baru di jalan raya menuju Bedugul.
C.            Bedugul
Obyek wisata yang satu ini terletak di daerah pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan nyaman. Disini kita dapat menikmati keindahan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu yang terletak di desa Candi Kuning, kecamatan Baturiti, Tabanan. Jaraknya kurang lebih 70 km dari wilayah Wisat Kuta atau Bandara Ngurah Rai. Terletak di dataran tinggi menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan terkadang diselimuti kabut. Di bedugul ada sebuah harta karun abadi, yakni sebuah Kebun Raya Eka Karya yang dibangun pada 15 Juli 1959. Kebun raya seperti ini cukup langka dengan koleksi berisi 13.584 tanaman dan jenis burung serta cerita masa lalu yang tidak akan habis dimakan usia.

Dan ingat jangan…!!

Jangan membakar apapun kecuali semangat
Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki
Jangan mengambil apapun kecuali gambar
Jangan membunuh apapun kecuali rindu

1 comment:

  1. Halo sob...
    Lagi berkunjung pagi ni...
    Lagi browsing info soal Bali, trs sampe kesini.
    :)
    Keren artikelnya, ditunggu tulisan selanjutnya ya gan.
    Mampir balik ke mari ya bro...

    ReplyDelete

mohon kritik dan saranya