pentingnya ecotourism untuk pariwisata di indonesia - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Sunday, May 20, 2018

pentingnya ecotourism untuk pariwisata di indonesia

Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau ini disusun dengan dukungan dari GIZ, bekerjasama dengan BAPPENAS, Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Panorama Foundation.koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian negara yang sangat penting bagi pembangunan perekonomian Negara. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sebagai pembina perkoperasian di Indonesia mempunyai tugas dan fungsi pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat ekonomi kecil dan menengah, dengan tindakan nyata melalui ”Program-program operasional yang nyata dan mampu merangsang kegiatan ekonomi produktif” di tingkat masyarakat bawah sekaligus dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan masyarakat yang salah satunya melalui program peningkatan daya saing Koperasi dan UKM di bidang pariwisata berkelanjutan (ecotourism).
Salah satu pendekatan dalam pengembangan pariwisata yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal adalah pengembangan Desa Wisata Hijau (DWH) yang sekaligus dapat menangkap peluang kecenderungan wisata yang saat ini mengarah kepada wisata dengan tujuan khusus. Perkembangan Desa Wisata Hijau tersebut didasarkan pada peran serta seluruh masyarakat setempat dengan memanfatkansumberdayaalam, sumberdayamanusiasertasumber daya budaya yang tersedia. Untuk itu, perlu dilakukan pembangunan pariwisata lintas sektor dan lintas daerah dengan tujuan untuk mencapai perkembangan pariwisata yang berkelanjutan serta inklusif tanpa harus berdampak negatif bagi lingkungan hidup dan budayasetempat. Dalampelaksanaannya, hendaknyamenggunakan pendekatan pengarusutamaan di seluruh sektor dan daerah terkait dengan penekanan pada koordinasi dan sinergi program antar Kementerian/Lembaga (Kementerian/Lembaga) serta pihak terkait lainnya.Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi para pihak untuk bersama-sama memberikan komitmen dalam perannya mengembangkan kepariwisataan yang seimbang, selaras,terarah dan fokus agar dapat mewujudkan sebuah tujuan pariwisata yang berkelanjutan serta mampu berkompetisi dengan negara lain, khususnya di kawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau yang dilakukan secara bersama dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta didukung BAPPENAS, GIZ-SREGIP (Sustainable Regional Economic Growth and Investment Program) serta Panorama Foundation diharapkan dapat menjadi acuan dalam menjalankan tugas dan fungsi masing- masing pihak terkait secara sinergis. Panduan ini diharapkan dapat menjadi pegangan dalam melaksanakan pembinaan terhadap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing Koperasi dan UKM dalam mengembangkan Desa Wisata Hijau.Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telahmembantudalamprosespenyusunan Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau ini. Kami berharap semua pihak dapat mendukung pelaksanaan sinergitas ini ke depan demi kesejahteraan masyarakat.
Salah satu daya tarik wisata yang sedang tumbuh dan banyak tersebar di Indonesia adalah Desa Wisata. Perkembangannya cukup pesat dan menjadi perhatian banyak pihak. Perkembangan ini tentunya harus disikapi dengan bagaimana mengembangkannya, menatanya, mengelolanya, dan serta merta memperhatikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Buku Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau ini tersusun berkat kerja sama yang baik antara Kementerian Koperasi dan UKM; Kementerian Pariwisata; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; serta didukung oleh BAPPENAS, GIZ-SREGIP, dan Panorama Foundation.

Kami harapkan Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau ini dapat diimplementasikan secara nyata untuk pengembangan desa wisata berkelanjutan di seluruh Indonesia.
Akhir kata kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan dokumen ini.

SALAM PARIWISATA


No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saranya