Pesona Wilayah Pantai depok Yogyakarta - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Tuesday, May 1, 2018

Pesona Wilayah Pantai depok Yogyakarta

pariwisata di Indonesia memiliki peranan penting dalam menambah devisa negara dan lapangan pekerjaan. Hal ini terlihat dari besarnya kontribusi pendapatan di sektor pariwisata dan banyaknnya kesempatan kerja yang tercipta dengan adanya kawasan wisata di suatu tempat. Kekayaan alam dan budaya Indonesia yang khas merupakan modal pokok yang baik untuk dikembangkan melalui bisnis pariwisata. Salah satu contoh Daya Tarik Wiata yang berbasis geomorfologi yaitu Pantai Depok yang terletak di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Bantul yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan memiliki garis pantai sepanjang 13,5 km memiliki kondisi geografis dan topografi berupa dataran, menyebabkan sumber daya alam yang melimpah khusisnya laut. Hal ini terlihat dari data yang dicatat di Biro Pusat Statistik di bidang perikanan. Dampak lain yang menguntungkan dari berbatasan langsung dengan Samudra Hindia adalah banyaknya kawasan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri yang dapat dikembangkan menjadi Objek Daya Tarik Wisata salah satunya adalah kawasan wisata pantai depok.
Pantai Depok terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Depok merupakan dataran rendah dengan jumlah perairan (pantai) yang banyak.Daerah Pantai Depok memiliki ketinggian 25 mdpl dengan kemiringan rata-rata 2-15%. Pantai Depok memiliki luas sekitar 25 ha. Disana terdapat fasilitas yang cukup menunjang bagi wisatawan. Terdapat pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan laut, lobster, kepiting dan lain-lain. Tersedia juga warung yang memberikan jasa pengolahan ikan. Pantai Depok dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti menggunakan motor dan mobil. Bus-bus juga dapat mengakses jalan hingga menuju Pantai Depok. Namun sayangnya belum ada transportasi khusus pariwisata yang menganatarkan wisatawan menuju Pantai Depok.Apabila wisatawan ingin menuju Pantai Depok, dapat melewati rute alternatif berikut. Umunya wisatawan memilih rute melalui jalan parangtritis yang relative mudah ditempuh, dari kota Jogjakarta ikuti saja jalan parangtritis samlai tiba didekat gerbang retribusi yang (km 23). Didekat gerbang retribusi pantai parangtritis ini ada pertigaan. Belok kekanan di pertigaan ini, ikuti jalan desa hingga tiba di Pantai Depok. Perjalanan dari kota Jogjakarta menuju Pantai Depok memakan waktu sekitar 1jam perjalanan. Retribusi untuk memasuki Pantai Depok adalah Rp 5.000 per-orang,Rp 5.000 untuk biaya parkir kendaraan roda 4 dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda 2.
Pantai Depok memiliki pasir yang landai sehingga anda dapat bermain air di tepi pantai, dengan keindahannya wisatawan dapat mengabadikan moment tersebut, tidak hanya pantai saja, tetapi wisatawan dapat juga berenang di kolam renang yang berada di kawasan Pantai Depok, anda juga dapat melakukan wisata kuliner dimana diPantai Depok terdapat banyak rumah makan seafood dan juga dapat bermain ATV yang disewakan oleh pihak pengelola dan anda  dapat melihat pemandangan Pantai Depok dan melihat melihat atraksi Jogja internasional air show yang dilakukan 1 tahun sekali. Di laguna Depok terkadang ada perlombaan Perahu Naga selain itu anda  dapat membeli hasil tangkapan laut di TPI maupun pasar ikan bukan itu saja anda juga dapat membeli hasil tangkapan yang sudah dimasak untuk dimakan di tempat maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh, membeli es kelapa, membeli makanan ringan di kedai-kedai ditepi pantai,bagi and yang ingin merasakan sensai gurun pasir di wilayah pantai depok juga terdapat gumuk pasir,gumuk pasir ini berlokasi di belakang gisik wilayah kepesisiran Parangtritis terdapat gumuk pasir aeolian. Istilah gumuk pasir berasal dari Bahasa Jawa yang berarti ‘gunung kecil’. Gumuk pasir tidak boleh disebut sebagai bukit pasir karena tidak memenuhi syarat ketinggian. Suatu gundukan disebut bukit pasir jika memiliki tinggi berkisar 75-300 m, sedangkan ketinggian gumuk pasir kurang dari 75 m.Gumuk pasir aeolian adalah gundukan material pasir yang terangkut oleh angin dan terendapkan setelah kekuatan tiupan angin berkurang.


Dan ingat

Jangan membakar apapun kecuali semangat
Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki
Jangan mengambil apapun kecuali gambar
Jangan membunuh apapun kecuali rindu

1 comment:

mohon kritik dan saranya