national events indonesia yang wajib anda ketahui ll - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Friday, April 27, 2018

national events indonesia yang wajib anda ketahui ll

dan berikut ini adalah national events bagian 2 yang wajib anda kunjungi jika anda punya waktu luang

Festival Bau Nyale Mandalika

Nusa Tenggara Barat
Pesta rakyat Bau Nyale merupakan Core Event kegiatan budaya di pesisir pantai selatan Pulau Lombok tepatnya di pantai Kuta, Seger dan Aan di Lombok Tengah. Bau Nyale ini merupakan suatu kejadian alam yang diabadikan dalam legenda Putri Mandalika yang bijaksana yang menjadi rebutan dan ingin dipersunting oleh beberapa putra mahkota dari kerajaan-kerajaan Lombok.Untuk menghidari terjadinya perang, maka sang putri memilih mengorbankan dirinya dengan menceburkan diri ke laut. Setelah kejadian itu dikisahkan sang putri berubah menjadi nyale (cacing wawo) agar bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Legenda ini masih melekat di kalangan masyarakat Lombok.
Festival Pulau Penyengat


Kepulauan Riau
Festival ini sesuai dengan nama tempat pelaksanaannya yakni Pulau Penyengat yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik Kota Tanjungpinang, sebagai basis dari kekuatan masyarakat lokal dalam menjunjung adat istiadat melayu. Festival Pulau Penyengat setiap tahunnya juga disejalankan dengan “Hari Ulang Tahun atau Hari Jadi Pulau Penyengat” yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Berbagai atraksi yang digelar selama festival berlangsung seperti kesenian, budaya, religi, bahari, dan lainnya merupakan laluan untuk mengenang kehidupan masyarakat melayu di Kepulauan Riau, khususnya yang tinggal di Pulau Penyengat.

Cap Go Meh Singkawang

Kalimantan Barat

Kota Singkawang memiliki kebanggaan terhadap peninggalan warisan budaya Tionghoa yang menyajikan atraksi magis spiritual tatung/loya yang sangat spektakuler atau disebut dengan Cap Go Meh. Event pariwisata berbasis budaya Tionghoa ini merupakan salah satu andalan dalam mendatangkan wisatawan mancanegara ke Kalbar. Tercatat pada tahun 2017 sebanyak 26 Duta Besar dari berbagai Negara datang untuk melihat festival Cap Go Meh. Event ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, tepatnya hari ke-15 (lima belas) setelah perayaan Tahun Baru Imlek. Ratusan tatung/loya melakukan parade mengelilingi kota dengan atraksi-atraksi ekstrem beserta sekelompok pemukul gendang untuk mengusir roh jahat. Festival Cap Go Meh setiap tahunnya dipusatkan di Kota Singkawang,Kalimantan Barat.
Pekan Raya Sumatera Utara

Sumatera Utara
Pekan Raya Sumatera Utara merupakan event tahunan yang tidak pernah putus dilaksanakan sejak tahun 1972. Event ini dilaksanakan sebulan penuh dalam memperingati hari jadi Provinsi Sumatera Utara. Dilaksanakan Minggu Kedua Maret hingga Minggu Kedua April. Berbagai stand dari Kabupaten/ Kota Sumatera yang menawarkan kerajinan dan hasil produksi daerah masing-masing terdapat di areal pameran tersebut ditambah pameran lainnya seperti industri dan otomotif. Peserta dari Provinsi luar Sumatera Utara setiap tahunnya turut berpartisipasi juga, dan stand Pulau Penang Malaysia juga terdapat di lokasi ini. Ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah dan luar Provinsi seperti Aceh, Riau dan Sumatera Barat.
Tour de Bintan

Kepulauan Riau
Asia’s Epic Cycling Challenge Tour de Bintan adalah satu dari dua lomba sepeda di Asia dan 19 di dunia yang memenuhi syarat untuk UCI Gran Fondo World Championships. Perlombaan sepeda ini terkenal dengan rute pemandangannya yang menakjubkan dari pemandangan pantai, hutan hijau lebat dan desa-desa di Indonesia. 3 jarak tempuh untuk pesepeda kompetitif dan pesepeda rekreasi. Tour de Bintan merupakan event tahunan dan sudah dilaksanakan selama 7 tahun dan masuk rangkaian Qualifikasi dari UCI GranFondo Dunia. Rangkaian UCI GF ini satu-satunya di Indonesia juga merupakan Balap Sepeda dengan jumlah peserta Wisman terbanyak di Indonesia. Untuk tahun 2018 ditragetkan sebanyak 4.000 wisman dari 41 kewarganegaraan.
Festival Tidore East-West World Monument

Maluku Utara
Awalnya diselenggarakan sebagai peringatan hari jadi kota Tidore, dengan menampilkan kekayaan tradisi bahari dan rempah Maluku. Diselenggarakan saat matahari di garis Khatulistiwa, festival ini memperoleh momentumnya saat Tidore menjadi jaringan kota Magelan dunia.Perjalanan Magelan menyusuri samudra Pasifik pada tahun 1519, yang berakhir di Tidore, menimbulkan konflik terbuka antara Spanyol dan Portugis tentang batas timur barat, yang diselesaikan melalui perjanjian Saragosa dan Tordesilas.Karena itu, festival Tidore juga merayakan penandaan batas antara Barat dan Timur dunia.
Bangka Cultural Wave Festival (coming home celebration)

Bangka Belitung
Festival yang telah terselenggara sejak tahun 2015 di Sungai Liat, Pangkal Pinang dan Muntok dalam bentuk pertunjukan berjalan. Dengan tema yang berbeda beda, mulai dari Naga Penyu, Akademi Budaya ChengHo Dunia (ABCD) hingga Ibu Bumi.Tahun ini dan seterusnya mengambil momentum Chengbeng, digelar tema Coming Home Celebration. Selama dua pekan diselenggarakan pertunjukan seni, pameran instalasi, pelepasan penyu, bazart, pertemuan komunitas dan parade lampion.
Legu Gam, Keraton Ternate

Maluku Utara
Legu Gam atau pesta rakyat adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat adat Ternate melalui kesultanan Ternate pada waktu ulang tahun sultan. Pada event ini seluruh masyarakat adat Ternate dan yang berada di bawah kekuasaan kesultanan Ternate di Maluku Utara akan berkumpul di kedaton sultan kemudian memberikan doa, kritikan serta masukan kepada sultan Pada event ini juga digelar berbagai atraksi budaya baik untuk ritual maupun  sebagai penghiburan kepada masyarakat.

3 comments:

  1. Mau bonus Cashback tiap minggunya???mari bergabung bersama kami di Winning303
    Dapatkan berbagai macam Bonus mingguan maupun harian


    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete

mohon kritik dan saranya