Popular Tourism Destination in lombok island with sitemaps - TOURISM INDONESIA

Latest

BECAUSE TOURISM WE KNOW MORE

Tuesday, May 22, 2018

Popular Tourism Destination in lombok island with sitemaps

TOURISM DESTINATION LOMBOK ISLAND WITH SITEMAPS

Peta Wisata Kota mataram Kota Mataram merupakan ibukota provinsi NTB. Tidak banyak destinasi wisata di Kota Mataram karena di sana lebih banyak bangunan pertokoan serta perumahan. Alternatif tempat wisata yang dapat dikunjungi di Kota Mataram adalah Kota Tua Ampenan, Pantai Loang Baloq, Museum NTB.Di Kota Mataram terdapat banyak pusat oleh-oleh khas Lombok seperti di Sekarbela sebagai pusat pengrajin perhiasan dari mutiara. Pasar Seni Sayang-sayang juga bisa dijadikan tempat berbelanja oleh-oleh seperti kain tenun khas Lombok, aneka gantungan kunci, kerajinan dari kayu dengan hiasan dari cukli.Cukli merupakan hiasan pada kerajianan yang terbuat dari kulit kerang mutiara. Aneka kerajinan dari rotan dan gerabah. Bagi yang suka berbelanja di pasar tradisional, terdapat Pasar Kebon Roek di wilayah Ampenan dan Pasar Cakra yang terletak di wilayah Cakranegara. Kedua pasar tradisional ini buka dari pagi hingga sore hari serta menyediakan aneka barang serta makanan khas Pulau Lombok.
Objek Wisata Lombok barat
jika anda  mengarah ke bagian barat JL ampenan terdapat lokasi Suasana sunset di pantai ampenan mataram selain itu Ampenan juga dikenal sebagai wisata kota tua di mataram. Terdapat Hotel berbintang antara lai Lombok garden hotel dan aston di  mataram. Dan di sebalah timur hotel garden jarak 10 menit menggunakan kendaraan kuda (andong) terdapat masjid perdiri tegak dan kokoh, dan memiliki gaya arsitektur timur tengah, termasuk menjadi objek wisata reliji dan merupakam majid terbesar di ntb.
Lombok tengah di bagi menjadi tga zona wisata berdasarkan karaktristik, yang  di bagian utara di lereng gunung rinjani sebagai objek wisarta alam, dan di bagian tengah kota peraya sebqagai pusat home industry dan wisata reliji, dan di bagian selatan sebaga objek wisata bahari,Berdasarkan karakteristik di atas berikut kegiatan wisata yang ada di  Lombok tengah.
wisata pantai.
pantai dengan pasir yang sangat luas dan panjang serta dihiasi bukit-bukit kecil nan indah ini bisa jadi pembuka petualangan anda di Lombok Tengah. Pantai ini merupakan salah satu spot surfing di Pulau Lombok. Di dekat Pantai Selong Belanak, terdapat pantai yang unik dengan keindahan batu karangnya yaitu Pantai Semeti, Pantai Telawas, dan Pantai Munah.
(pantai selong belanaq)
pantai ini memiliki batu karang besar yang dulunya berbentuk seperti payung. Akan tetapi, batu payung telah pecah karena hempasan ombak dan kini tersisa setengahnya. Di dekat Pantai Batu Payung, terdapat batu karang besar yang jika diperhatikan menyerupai kura-kura.
Wisata Religi
religi. Anda bisa melihat proses pembuatan kain tenun khas Lombok di Desa Sukerare. Sebagian besar perempuan di Desa Sukerare berprofesi sebagai penenun. Di sini anda bisa mengunjungi artshop yang menjual kain tenun Lombok dengan berbagai motif seperti motif songket, motif rangrang, motif selulut, motif ragigenap, motif sabuk anteng dan saje. Kain tenun Lombok juga sudah banyak diproduksi sebagai aneka kerajinan seperti tas, peci, taplak meja, dll. Harga yang ditawarkan mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.
Salah satu wisata budaya di Lombok Tengah yang selalu ramai oleh pengunjung adalah kampung adat Sade. Terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, kampung adat Sade masih mempertahankan ciri khas masyarakat suku sasak Lombok Di kampung adat Sade anda bisa melihat rumah adat suku sasak yang disebut bale tani. Rumah adat yang beratapkan ilalang, dinding dari bedek bambu, dan lantai tanah dengan dilapisi kotoran kerbau atau sapi.
Di tempat ini anda juga bisa melihat proses pembuatan benang dari kapas hingga proses pembuatan kain tenun khas Lombok. Selain kampung adat Sade, ada juga kampung adat Ende. Lokasi keduanya cukup dekat, akan tetapi kampung adat Ende jauh lebih sepi pengunjung.
Wisata Alam
Lombok Tengah juga menyajikan keindahan air terjun. Terdapat dua air terjun yang sangat populer yaitu air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu. Terletak di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Letak Lombok tengah bagian utar. kedua air terjun tersebut berada di dalam satu kawasan hutan.
Air terjun Benang Stokel disebut juga air terjun kembar karena memiliki dua aliran air. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dari pintu masuk untuk sampai ke air terjun ini. Sekitar 600 meter dari air terjun Benang Stokel, terdapat air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini sangat unik dan indah dengan aliran air menyerupai kelambu putih yang dibentangkan pada tebing yang ditumbuhi vegetasi hijau.
3.Peta Wisata Lombok Timur
Lembah sembalun juga merupakan jalur utama pendakian Gunung Rinjani. Bagi yang menyukai wisata soft trekking di sembalun juga terdapat banyak bukit cantik, seperti bukit selong, Bukit pergasingan, bukit nanggi, dan bukit anak dara.
terdapat olraga yang sediki di Lembah sembalun anda bisa mrenjumpai olahraga Paralayang. Anda bisa menyaksikan pesona desa sembalun dengan terjun dari ketinggian bukit di Lembah sembalun.
bagi penggemar wisata budaya, di Lembah sembalun, anda bisa mengunjungi Desa Beleq, rumah adat sembalun. Desa beleq ini terletak di Desa sembalun Lawang, tepat dibawah bukit selong sembalun. Simbol kebudayaan yang menceritakan leluhur desa di Lembah sembalun. Perlu diketahui, Sembalun merupakan salah satu desa tertua di Lombok, selengkapnya bisa anda baca pada postingan kami sebelumnya : Lembah sembalun, desa tertua dikaki rinjani.

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saranya